2.
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Addie
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
(Kelas 2/II)
Materi : Hidup
Rukun,Tolong menolong dan saling berbagi
Berikut
ini adalah Rancangan Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Addie:
1.
Analisis
kebutuhan siswa
Analisis
kebutuhan siswa merupakan langkah yang diperlukan untuk menentukan
kemampuan-kemampuan atau kompetensi yang perlu dipelajari oleh siswa untuk
meningkatkan kinerja atau prestasi belajar.
Yang
perlu diperhatikan dalam model pembelajaran Addie yaitu :
·
Mengenal
karakteristik siswa yang akan mengikuti pembelajaran. Sebelum memulai belajar,
guru harus mengetahui karakteristik siswa baik dari karakteristik keluarga ,
lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakatnya.
Penerapannya
:
Dalam
mata pelajaran PKn
kelas 2 di sekolah dasar,
mengenai materi Hidup Rukun,tolong
menolong dan saling berbagi. Dalam hal ini guru harus menganalisis kebutuhan siswa dengan memberikan pembelajaran
sesuai SK dan KD nya. SK dan KD nya yaitu:
Standart
Kompetensi : Membiasakan hidup
bergotong-royong
Kompetensi
Dasar :
1.1
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong.
1.2
Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di
sekolah.
·
Apa indikator atau kriteria yang dapat
digunakan untuk menentukan bahwa siswa telah mencapai kompetensi yang telah
ditentukan setelah melakukan pembelajaran?
Indikator ysng harus
dilakukan, agar siswa mencapai kompetensi khususnya
pada materi PKn tentang Hidup Rukun, tolong menolong dan saling berbagi adalah sebagai
berikut :
1.1 Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong.
- Siswa dapat mengetahui pentingnya
hidup rukun
- Siswawa dapat mengetahui
pentingnya saling berbagi dengan sesama
- Siswa dapat mengetahui pentingnya
hidup saling tolong menolong
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya
hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong.
1.2
Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di
sekolah.
- Siswa dapat
membiasakan hidup rukun dengan saling berbagi dan tolong menolong baik di rumah dan di sekolah.
- Siswa
dapat menerapkan sikap saling berbagi dan tolong menolong agar menciptakan
suasana hidup rukun.
- Siswa
dapat mengetahui contoh-contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong
menolong.
- Siswa
dapat mengetqahui manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
- Desain
Desain merupakan
langkah kedua dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Langkah ini
merupakan:
a)
Inti dari langkah analisis karena mempelajari
masalah kemudian menemukan alternatif solusinya yang berhasil diidentifikasi
melalui langkah analisis kebutuhan.
b)
Langkah penting yang perlu dilakukan
untuk, menentukan pengalaman belajar yang perlu dimilki oleh siswa selama
mengikuti aktivitas pembelajaran.
c)
Langkah yang harus mampu menjawab pertanyaan,
apakah program pembelajaran dapat..mengatasi..masalah..kesenjangan..kemampuan..siswa?
Kesenjangan kemampuan disini adalah perbedaan kemampuan yang dimilki siswa dengan kemampuan yang seharusnya dimiliki siswa.
Kesenjangan kemampuan disini adalah perbedaan kemampuan yang dimilki siswa dengan kemampuan yang seharusnya dimiliki siswa.
Pada saat melakukan
langkah ini perlu dibuat pertanyaan-pertanyaan kunci diantaranya adalah sebagai
berikut :
·
Kemampuan dan kompetensi khusus apa yang harus
dimilki oleh siswa setelah menyelesaikan program pembelajaran?
o Kemampuan yang harus
dicapai siswa setelah belajar mengenai Hidup rukun,tolong
menolong dan saling berbagi, diharapkan siswa mampu menerapkannya
dalam
kehidupan mereka sehari-hari.
·
Bahan ajar dan kegiatan seperti apa yang dapat
digunakan dalam mendukung program pembelajaran?
Bahan ajar yang
diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar agar semua tujuan pembelajaran dapat
tercapai adalah, menggunakan
o Buku Paket PKN kelas 2 semester 2
o LKS (Lembar Kerja
Siswa).
- Pengembangan
Pengembangan merupakan
langkah ketiga dalam mengimplementasikan model desain sistem pembelajaran
ADDIE. Langkah pengembangan meliputi kegiatan membuat, membeli, dan
memodifikasi bahan ajar. Dengan kata lain mencakup kegiatan memilih, menentukan
metode, media serta strategi pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan
materi atau substansi program.
Ø Bahan
Ajar dapat dimodifikasi dengan memanfaatkan teknologi, seperti proyektor dll
Ø Bahan
ajar juga bisa didapat melalui melihat kondisi di sekitar yaitu keluarga
ataupun masyarakat. (memberikan pengalaman langsung dan bermakna bagi siswa)
- Implementasi
Implementasi atau
penyampaian materi pembelajaran merupakan langkah keempat dari model desain
sistem pembelajaran ADDIE.
Tujuan utama dari langkah ini antara lain :
a)
Membimbing siswa untuk mencapai tujuan atau
kompetensi.
b)
Menjamin terjadinya pemecahan masalah / solusi
untuk mengatasi kesenjangan hasil belajar yang dihadapi oleh siswa.
c)
Memastikan bahwa pada akhir program
pembelajaran, siswa perlu memilki kompetensi – pengetahuan, ketrampilan, dan
sikap - yang diperlukan.
Pertanyaan-pertanyaan
kunci yang harus dicari jawabannya oleh seorang perancang program pembelajaran
pada saat melakukan langkah implementasi yaitu sebagai berikut :
·
Metode pembelajaran seperti apa yang paling
efektif utnuk digunakan dalam penyampaian bahan atau materi pembelajaran?
Metode pembelajaran
merupakan suatu cara tertentu yang dilakukan pendidik dalam usaha pencapaian
tujuan pembelajaran.
Metode pembelajaran
yang cocok digunakan dalam pembelajaran mengenai Hidup rukun, tolong
menolong dan saling berbagi yaitu:
Ø Metode diskusi, karena
dalam metode ini terjadi interaksi yang kuat antara guru dengan siswa. Jadi
siswa, tidak hanya mendengarkan penjelasan guru tentang hidup rukun,
tolong menolong dan saling berbagi. Tetapi siswa juga ikut, mengeluarkan pendapat
dan pemahaman yang mereka miliki.
·
Upaya atau strategi seperti apa yang dapat
dilakukan untuk menarik dan memelihara minat siswa agar tetap mampu memusatkan
perhatian terhadap penyampaian materi atau substansi pembelajaran yang
disampaikan?
Ø Upaya
yang dilakukan yaitu dengan membawa anak anak untuk belajar di luar kelas agar
memberikan pengalaman langsung dan bermakna bagi siswa.
- Evaluation
(evaluasi/ umpan balik)
Evaluasi yaitu proses untuk melihat apakah sistem pembelajaran yang sedang dibangun berhasil, sesuai dengan harapan awal atau tidak. Sebenarnya tahap evaluasi bisa terjadi pada setiap empat tahap di atas. Evaluasi yang terjadi pada setiap empat tahap di atas itu dinamakan evaluasi formatif, karena tujuannya untuk kebutuhan revisi.
Evaluasi : Tes tulis dan tes lisan
Soal tes tulis :
1.
Berikan contoh sikap hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong di sekolah ?
2.
Apa yang dimaksud dengan gotong royong itu ?
3.
Apa manfaat hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong?
4.
Gotong royong adalah….
a. saling memberi
b. saling membantu
c. saling meminta
5.
Hidup rukun adalah….
a. suasana
hidup aman
b. suasana hidup sepi
c. suasana hidup tidak perduli
6. Saling berbagi adalah…
a. tidak memberi orang lain
b. memberi orang lain
c. mendiamkan orang lain
Soal tes lisan :
Sebutkan contoh gotong royong yang
pernah kamu lakukan di rumah dan di sekolah !
Soal tes lisan :
Apakah kamu pernah berbagi dan
menolong orang, jika pernah tulis ceritamu dalam kolom di bawah ini !
No
|
Pengalaman
cerita
|
1.
|
Saya
pernah membantu ibu membersihkan rumah
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
5.
|
Casinos in Vegas | Mapyro
BalasHapusCasinos near 전라남도 출장마사지 Casinos 태백 출장샵 in Vegas, 경기도 출장안마 NV. Find hotels, read reviews, and browse Casinos Near Casinos in Vegas, NV. Use Mapy to explore Las Vegas, NV and 파주 출장샵 other 속초 출장안마
joya shoes 206r4rcguw401 outdoor,INSOLES,Joya Shoe Care,walking,fashion sneaker,boots joya shoes 686u1ywjdl284
BalasHapus