Selasa, 08 November 2016

jawaban uts no 2 ( Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd)



2. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Addie
    Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) (Kelas 2/II)
    Materi                        : Hidup Rukun,Tolong menolong dan saling berbagi

Berikut ini adalah Rancangan Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Addie:
1.      Analisis kebutuhan siswa
Analisis kebutuhan siswa merupakan langkah yang diperlukan untuk menentukan kemampuan-kemampuan atau kompetensi yang perlu dipelajari oleh siswa untuk meningkatkan kinerja atau prestasi belajar.
Yang perlu diperhatikan dalam model pembelajaran Addie yaitu :
·         Mengenal karakteristik siswa yang akan mengikuti pembelajaran. Sebelum memulai belajar, guru harus mengetahui karakteristik siswa baik dari karakteristik keluarga , lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakatnya.
Penerapannya  :
Dalam mata pelajaran PKn kelas 2 di sekolah dasar, mengenai materi Hidup Rukun,tolong menolong dan saling berbagi. Dalam hal ini guru harus menganalisis kebutuhan siswa dengan memberikan pembelajaran sesuai SK dan KD nya. SK dan KD nya yaitu:
Standart Kompetensi :  Membiasakan hidup bergotong-royong
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong.
1.2 Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.

·         Apa indikator atau kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan bahwa siswa telah mencapai kompetensi yang telah ditentukan setelah melakukan pembelajaran?
Indikator ysng harus dilakukan, agar siswa mencapai kompetensi khususnya pada materi PKn tentang Hidup Rukun, tolong menolong dan saling berbagi adalah sebagai berikut :
1.1  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong.
- Siswa dapat mengetahui pentingnya hidup rukun
- Siswawa dapat mengetahui pentingnya saling berbagi dengan sesama
- Siswa dapat mengetahui pentingnya hidup saling tolong menolong
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong.
1.2 Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
­- Siswa dapat membiasakan hidup rukun dengan saling berbagi dan tolong   menolong baik di rumah dan di sekolah.
- Siswa dapat menerapkan sikap saling berbagi dan tolong menolong agar menciptakan suasana hidup rukun.
- Siswa dapat mengetahui contoh-contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong.
- Siswa dapat mengetqahui manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

  1. Desain
Desain merupakan langkah kedua dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Langkah ini merupakan:
a)      Inti dari langkah analisis karena mempelajari masalah kemudian menemukan alternatif solusinya yang berhasil diidentifikasi melalui langkah analisis kebutuhan.
b)       Langkah penting yang perlu dilakukan untuk, menentukan pengalaman belajar yang perlu dimilki oleh siswa selama mengikuti aktivitas pembelajaran.
c)      Langkah yang harus mampu menjawab pertanyaan, apakah program pembelajaran dapat..mengatasi..masalah..kesenjangan..kemampuan..siswa?
Kesenjangan kemampuan disini adalah perbedaan kemampuan yang dimilki siswa dengan kemampuan yang seharusnya dimiliki siswa.
Pada saat melakukan langkah ini perlu dibuat pertanyaan-pertanyaan kunci diantaranya adalah sebagai berikut :
·         Kemampuan dan kompetensi khusus apa yang harus dimilki oleh siswa setelah menyelesaikan program pembelajaran?
o   Kemampuan yang harus dicapai siswa setelah belajar mengenai Hidup rukun,tolong menolong dan saling berbagi, diharapkan siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.
·         Bahan ajar dan kegiatan seperti apa yang dapat digunakan dalam mendukung program pembelajaran?
Bahan ajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar agar semua tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah, menggunakan
o   Buku Paket PKN kelas 2 semester 2
o   LKS (Lembar Kerja Siswa).

  1. Pengembangan
Pengembangan merupakan langkah ketiga dalam mengimplementasikan model desain sistem pembelajaran ADDIE. Langkah pengembangan meliputi kegiatan membuat, membeli, dan memodifikasi bahan ajar. Dengan kata lain mencakup kegiatan memilih, menentukan metode, media serta strategi pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan materi atau substansi program.
Ø  Bahan Ajar dapat dimodifikasi dengan memanfaatkan teknologi, seperti proyektor dll
Ø  Bahan ajar juga bisa didapat melalui melihat kondisi di sekitar yaitu keluarga ataupun masyarakat. (memberikan pengalaman langsung dan bermakna bagi siswa)
  1. Implementasi
Implementasi atau penyampaian materi pembelajaran merupakan langkah keempat dari model desain sistem pembelajaran ADDIE.
Tujuan utama dari langkah ini antara lain :
a)      Membimbing siswa untuk mencapai tujuan atau kompetensi.
b)      Menjamin terjadinya pemecahan masalah / solusi untuk mengatasi kesenjangan hasil belajar yang dihadapi oleh siswa.
c)      Memastikan bahwa pada akhir program pembelajaran, siswa perlu memilki kompetensi – pengetahuan, ketrampilan, dan sikap - yang diperlukan.

Pertanyaan-pertanyaan kunci yang harus dicari jawabannya oleh seorang perancang program pembelajaran pada saat melakukan langkah implementasi yaitu sebagai berikut :
·         Metode pembelajaran seperti apa yang paling efektif utnuk digunakan dalam penyampaian bahan atau materi pembelajaran?
Metode pembelajaran merupakan suatu cara tertentu yang dilakukan pendidik dalam usaha pencapaian tujuan pembelajaran.
Metode pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran mengenai Hidup rukun, tolong menolong dan saling berbagi yaitu:
Ø  Metode diskusi, karena dalam metode ini terjadi interaksi yang kuat antara guru dengan siswa. Jadi siswa, tidak hanya mendengarkan penjelasan guru tentang hidup rukun, tolong menolong dan saling berbagi. Tetapi siswa juga ikut, mengeluarkan pendapat dan pemahaman yang mereka miliki.
·         Upaya atau strategi seperti apa yang dapat dilakukan untuk menarik dan memelihara minat siswa agar tetap mampu memusatkan perhatian terhadap penyampaian materi atau substansi pembelajaran yang disampaikan?
Ø  Upaya yang dilakukan yaitu dengan membawa anak anak untuk belajar di luar kelas agar memberikan pengalaman langsung dan bermakna bagi siswa.

  1. Evaluation (evaluasi/ umpan balik)
    Evaluasi yaitu proses untuk melihat apakah sistem pembelajaran yang sedang dibangun berhasil, sesuai dengan harapan awal atau tidak. Sebenarnya tahap evaluasi bisa terjadi pada  setiap empat tahap di atas. Evaluasi yang terjadi pada setiap empat tahap di atas itu dinamakan evaluasi formatif, karena tujuannya untuk kebutuhan revisi.
    Evaluasi : Tes tulis dan tes lisan
Soal tes tulis :
1.      Berikan contoh sikap hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di sekolah ?
2.       Apa yang dimaksud dengan gotong royong itu ?
3.       Apa manfaat hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong?
4.       Gotong royong adalah….
             a. saling memberi
       b. saling membantu
       c. saling meminta
5.       Hidup rukun adalah….
             a. suasana hidup aman
     b. suasana hidup sepi
     c. suasana hidup tidak perduli
6.    Saling berbagi adalah…
a. tidak memberi orang lain
b. memberi orang lain
c. mendiamkan orang lain

Soal tes lisan :
Sebutkan contoh gotong royong yang pernah kamu lakukan di rumah dan di sekolah !
Soal tes lisan :
Apakah kamu pernah berbagi dan menolong orang, jika pernah tulis ceritamu dalam kolom di bawah ini !
No
Pengalaman cerita
1.
Saya pernah membantu ibu membersihkan rumah
2.

3.

4.

5.







2 komentar:

  1. Casinos in Vegas | Mapyro
    Casinos near 전라남도 출장마사지 Casinos 태백 출장샵 in Vegas, 경기도 출장안마 NV. Find hotels, read reviews, and browse Casinos Near Casinos in Vegas, NV. Use Mapy to explore Las Vegas, NV and 파주 출장샵 other 속초 출장안마

    BalasHapus